Apa itu bahasa C?


Apa itu bahasa C? 
Dalam postingan pertama ini kita akan membahas apa pengertian dari bahasa C.

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang ada di dunia ini dengan kategori tingkat menengah. Bahasa C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci yang sedikit (setidaknya ada 32 kata kunci)  dan merupakan bahasa pemrograman yang bersifat modular. 

Pada tahun 1972 bahasa C pertama kali dirancang oleh Dennis M. Ritchie di Bell Laboratories. Pada tahun 1978 Dennis dan Brian W. Kernighan mempublikasikan bahasa C melalui The C Programming Language sehingga bahasa C dikenal banyak orang. Pada tahun 1989 akhirnya bahasa C distandarisasi ANSI (American National Standard Institute) sehingga menjadi bahasa pemrograman standar hingga saat ini. Kompilernya dapat dibuat pada beberapa platform yang berbeda

Bahasa C adalah salah satu dari banyak bahasa pemrograman desktop yang cukup populer dan mempunyai cukup banyak keunggulan. Ada banyak aplikasi-aplikasi yang dirancang dalam bahasa C, atau mungkin paling tidak struktur utama programnya ditulis dalam bahasa C.
Bahasa C mempunyai kemampuan lebih dibanding dengan bahasa pemrograman yang lain. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang bersifat portabel, yaitu suatu program yang dibuat dengan bahasa C pada suatu komputer akan dapat dijalankan pada komputer lain dengan sedikit (atau tanpa) ada perubahan yang berarti.

Bahasa C merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk keperluan pemrograman sistem, antara lain untuk membuat:
1. Assembler
2. Interpreter
3. Compiler
4. Sistem Operasi
5. Program bantu (utility)
6. Editor
7. Paket program aplikasi

Belajar bahasa C adalah sebagai persiapan apabila sedang berkuliah di jurusan komputer, atau ingin masuk ke jurusan komputer. Karena hampir selalu akan bertemu dengan bahasa pemrograman C di awal-awal kuliah, dimana bahasa C, Pascal, dan C++ banyak dipakai sebagai bahasa pemrograman untuk belajar dasar algoritma.

Referensi:
https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-c-pengertian-bahasa-pemrograman-c/
http://curahanilmu.blogspot.com/2014/11/pengertian-pemrograman-bahasa-c.html
http://zonakoding.blogspot.com/2013/11/pengertian-atau-definisi-bahasa-c.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Compiler, Linker, dan Ide